Cara Registrasi Kartu XL yang Gagal 2024

Cara Registrasi Kartu XL yang Gagal
Bagi anda yang sedang mencari bagaimana cara registrasi kartu XL yang gagal, tenang saja karena di artikel ini kami sudah menyediakan pembahasannya untuk anda.

Untuk sebagian pengguna, cara registrasi kartu XL yang tidak berhasil menjadi masalah tersendiri! Sebenarnya tidak perlu hawatir karena ada beberapa tips untuk mengatasinya.

Jika anda mengalami masalah seperti ini, maka solusinya adalah anda dapat melakukan registrasi ulang kartu XL dilain waktu.

Akan tetapi sebelum itu, pastikan ketika ingin melakukan registrasi ulang anda melakukannya dengan baik dan benar agar tidak terjadi kesalahan lagi.

Ketika proses registrasi kartu XL, memang tidak bisa dilakukan secara sembarangan! Dikarenakan akibatnya mungkin nomor kartu XL anda di nonaktifkan.

Nah bagi anda yang ingin mengetahui bagaimana cara registrasi kartu XL yang gagal, terus simak pembahasan dibawah ini sampai selesai.

Penyebab Registrasi Kartu XL Gagal

Cara Registrasi Kartu XL yang Gagal
Penyebab Registrasi Kartu XL Gagal
Salah satu pertanyaan yang sering diajukan oleh pengguna XL adalah bagaimana cara registrasi kartu XL yang gagal.

Akan tetapi sebelum membahasnya, perlu diketahui bahwa ada beberapa penyebab mengapa proses registrasi gagal.

Hal ini penting diketahui agar kesalahan yang sama tidak terulang kembali, adapun penyebabnya yaitu sebagai berikut:
  • Terjadi kesalahan ketika memasukkan Nomor Induk Kependudukan dan Nomor Kartu Keluarga (NIK dan KK).
  • Format pesan yang anda kirim untuk proses registrasi kartu XL tidak tepat.
  • Nomor yang anda masukkan saat proses registrasi tidak sesuai.
  • Nomor NIK atau KK yang digunakan untuk proses registrasi sudah digunakan oleh pengguna lain.
  • Salah kirim SMS verifikasi ke 4444.
  • Kartu XL anda sudah hangus atau mati.

Cara Registrasi Kartu XL

Cara Registrasi Kartu XL yang Gagal
Cara Registrasi Kartu XL
Sebelum masuk membahas tentang cara melakukan registrasi kartu XL yang gagal, terlebih dahulu kami akan membahas bagaimana cara registrasi kartu XL yang benar.

Walaupun banyak pengguna kartu XL sekarang ini, akan tetapi masih banyak yang belum mengetahui caranya.

Proses registrasi ketika membeli kartu perdana XL yang baru memang sekarang ini menjadi salah satu hal yang wajib dilakukan supaya mendapatkan akses jaringan.

Proses registrasi juga dapat dilakukan dengan mudah hanya menggunakan nomor NIK dan KK yang belum terdaftar dimana-pun.

Akan tetapi ada kalanya ketika proses registrasi kartu, mungkin anda akan mengalami kegagalan dan itu berlangsung selama 5x atau lebih.

Penyebabnya juga berbeda-beda, salah satunya ketika memasukkan Nomor NIK dan KK atau identitas yang belum terdaftar di kartu manapun.

Sebenaranya cara registrasi kartu XL yang gagal dapat diatasi dengan mudah via SMS, baik untuk pengguna baru ataupun pengguna lama.

Namun sebelum itu, pastikan terlebih dahulu bahwa nomor NIK dan KK yang akan anda masukkan belum terdaftar di kartu manapun.

1. Cara Registrasi Kartu XL Pengguna Baru

Cara Registrasi Kartu XL yang Gagal
Registrasi Kartu XL Pengguna Baru
Jika anda adalah pengguna baru yang baru saja membeli kartu perdana XL, maka wajib melakukan proses registrasi.

Proses registrasi pengguna baru sebenarnya tidak membutuhkan waktu lama! Untuk lebih jelasanya simak langkah-langkah dibawah ini.
  • Pertama, buka aplikasi Pesan di HP anda.
  • Selanjutnya, buat SMS dengan format DAFTAR#NIK#NomorKK (DAFTAR#3646839399#299203839).
  • Setelah itu, kirim SMS ke nomor 4444.
  • Sampai tahap ini, tunggu notif balasan yang menyatakan proses registrasi yang anda lakukan berhasil.
  • Selesai!

2. Cara Registrasi Kartu XL Pengguna Lama

Cara Registrasi Kartu XL yang Gagal
Registrasi Kartu XL Pengguna Lama
Kalau cara diatas adalah proses registrasi untuk pengguna baru, maka langkah selanjutnya adalah cara registrasi untuk pengguna lama.

Pengguna lama artinya, anda yang sudah menggunakan kartu XL dari jauh hari akan tetapi sama sekali belum melakukan registrasi atau pendaftaran.

Adapun langkah-langkah cara registrasi kartu XL untuk pengguna lama, yaitu sebagai berikut:
  • Pertama, silahkan buka aplikasi Message atau Pesan.
  • Selanjutnya, buatlah SMS dengan format ULANG#NIK#NomorKK (Ex. ULANG#436476764#12937383).
  • Setelah itu, kirim SMS ke nomor 4444.
  • Sampai tahap ini, tunggu notif balasan yang menyatakan bahwa proses registrasi ulang berhasil.
  • Selesai!

Cara Registrasi Kartu XL yang Gagal

Cara Registrasi Kartu XL yang Gagal
Cara Registrasi Kartu XL yang Gagal
Setelah mengetahui beberapa informasi tentang cara registrasi kartu XL untuk pengguna baru maupun lama, selanjutnya adalah informasi tentang cara mengatasi registrasi yang gagal.

Apabila sebelumnya anda mengalami masalah seperti ini, maka hal pertama yang harus dilakukan adalah jangan panik.

Pasalnya, ada beberapa cara registrasi kartu XL yang gagal yang dapat anda coba terapkan, meskipun beberapa tahapan dibawah ini tidak 100% bisa mengatasinya.

Akan tetapi dari beberapa pengguna yang mengalami kegagalan tersebut, bisa mencoba mengatasinya dengan cara dibawah ini.

Metode 1

Kalau penyebab proses registrasi kartu XL yang anda punya gagal adalah karena data-data yang dimasukkan saat aktivasi salah, maka bisa memeriksanya kembali data-data yang digunakan.

Cobalah periksa ulang apakah NIK atau KK yang digunakan untuk proses registrasi kartu XL sudah benar atau masih ada kesalahan.

Kalau hal tersebut menjadi penyebabnya, maka anda bisa langsung memasukkan ulang data dengan benar sesuai NIK dan Nomor KK yang dimiliki.

Metode 2

Cara berikutnya adalah dengan mengecek ulang format registrasi kartu XL yang dilakukan, apakah sudah sesuai dengan ketentuan syaratnya atau belum.

Apabila hal ini yang menjadi penyebabnya kenapa proses registrasi kartu XL gagal, maka bisa mengulang kembali proses registrasi kartu XL sesuai format yang sudah ditetapkan oleh pihak XL.

Metode 3

Jika cara registrasi kartu XL yang gagal masih belum teratasi dengan metode diatas, walaupun data dan format SMS sudah dimasukkan dengan benar, solusinya adalah dengan melakuka proses registrasi kembali.

Akan tetapi perlu diingat bahwa ada maksimal para pengguna dapat mengirim ulang aktivasi kartu yaitu sebanyak lima kali (5x).

Lakukan hal tersebut secara terus-menerus, karena hawatirnya terdapat gangguan sistem yang dapat menyebabkan proses registrasi kartu terhambat atau gagal.

Metode 4

Cara mengatasi registrasi kartu XL yang gagal berikutnya adalah dengan menghubungi pihak Call Center XL yang sudah disediakan untuk para penggunanya.

Hal tersebut dapat dikatakan menjadi alternatif lainnya yang dapat anda lakukan kalau beberapa hal diatas tidak bisa mengatasinya.

Anda dapat menghubungi Call Center XL via nomor resminya di 817 atau langsung datang ke XL Center terdekat tempat tinggal anda saat ini.

Metode 5

Opsi terakhir yang dapat anda gunakan adalah dengan mengunjungi gerai Service XL terdekat di daerah anda dan menceritakan semua permasalahan yang anda alami.

Akhir Kata

Itulah pembahasan seputar cara registrasi kartu XL yang gagal dan cara mengatasinya yang bisa anda coba terapkan, baik untuk pengguna baru ataupun lama.

Anda bisa menerapkan salah satu dari beberapa metode yang kami bagikan diatas sebagai upaya registrasi ulang untuk mendaftarkan kartu anda.

Apabila informasi diatas, anda bisa membagikannya kepada teman, saudara atau ke media sosial yang anda miliki supaya orang lain juga bisa mengetahuinya.

Semua cara diatas tentu bisa dilakukan dengan mudah mengingat kini semua orang sudah mempunyai Smartphone genggam. Sekian dan semoga bermanfaat.
Dody S. Mulai bergelut di bidang website dan teknologi sejak tahun 2017. Suka mencoba berbagai produk dan tutorial teknologi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel