Cara Buat Logo di Canva 2024

Cara Buat Logo di Canva
Bagi anda yang sedang mencari bagaimana cara buat logo di Canva, tenang saja karena di artikel ini kami sudah menyediakan pembahasannya untuk anda.

Dalam berbisnis penggunaan logo ini sangat penting agar pelanggan dapat dengan mudah mengetahui bisnis tersebut.

Logo ini juga bisa digunakan sebagai identitas baik untuk organisasi maupun perusahaan, di aplikasi Canva pengguna bisa membuat logo dengan mudah walaupun tidak memiliki keahlian dalam mendesain.

Bahkan untuk membuat logo di Canva ini dapat dikatakan sangat sederhana, namun apakah anda tahu maksud dari Canva itu sendiri?

Canva ini adalah sebuah aplikasi atau platform desain yang biasa digunakan untuk memudahkan dalam membuat desain grafis seperti presentasi, logo, poster dan masih banyak lagi lainnya.

Bagi yang memang belum mengetahui mengenai cara buat logo di Canva, silahkan simak ulasan di bawah ini.

Cara Buat Logo di Canva


1. Cara Buat Logo di Canva melalui Website

Cara Buat Logo di Canva
Cara Buat Logo di Canva melalui Website
Bagi anda yang ingin membuat logo di Canva dapat dilakukan dengan mellaui Websitenya maupun aplikasi Canva itu sendiri.

Namun yang pertama kami akan menjelaskan cara membuat logo di Canva dengan melalui Website, nanti setelah kami menjelaskan cara ini, baru diselanjutnya kami akan menjelaskan cara membuat logo di Canva melalui aplikasinya langsung.

Langsung saja, di bawah ini adalah langkah-langkah untuk cara buat logo di Canva dengan melalui Website yaitu sebagai berikut:
  • Pertama-tama silahkan membuka salah satu browser dari perangkat yang anda gunakan, baik itu HP, laptop, atau PC.
  • Kemudian silahkan pada kolom pencarian anda masukkan kata kunci "Canva logo" atau klik link ini https://www.canva.com/.
  • Namun sebelum anda membuat logo, harus membuat akun Canva terlebih dahulu dengan mendaftar melalui akun Facebook atau Google.
  • Jika anda belum bisa membuat akun, maka anda bisa simak dipembahasan selanjutnya nanti di bawah.
  • Jika anda sudah membuat akun, maka anda bisa langsung membuat desain logo di Canva.
  • Silahkan di kolom pencarian anda masukkan kata kunci "Logo", lalu anda "Enter" atau "Cari".
  • Kemudian silahkan anda pilih salah satu template yang anda sukai untuk jadikan logo.
  • Anda bisa menggunakan berbagai fitur yang bisa membantu dalam melakukan pengeditan logo seperti fitur foto, gaya, audio, video, latar belakang, tek, size dan lain sebagainya.
  • Jika pengeditan sudah selesai dilakukan, silahkan anda menyimpan hasil logo tersebut dengan cara mengklik kolom putih yang ada di atas halaman "Unduh".
  • Maka hasil logo anda tersebut bisa anda gunakan siap dan tersimpan di file manager maupun di galeri.
  • Selesai.

2. Cara Buat Logo di Canva melalui Aplikasi

Cara Buat Logo di Canva
Cara Buat Logo di Canva melalui Aplikasi
Sekarang anda sudah mengetahui cara membuat lgo di Canva melalui websitenya, namun anda juga bisa membuat logo di Canva melalui aplikasinya.

Adapun langkah-langkah yang harus anda lakukan untuk cara buat logo di Canva dengan melalui aplikasi yaitu sebagai berikut
  • Terlebih dahulu silahkan anda menginstall aplikasi Canva yang bisa didownload melalui App Store maupun Play Store (Download Aplikasi Canva untuk Android) (Download Aplikasi Canva untuk iPhone).
  • Jika aplikasi sudah terinstall di perangkat yang anda gunakan, silahkan anda membuka aplikasi Canva tersebut, lalu anda login dengan menggunakan akun anda.
  • Jika proses login selesai, silahkan pada bagian beranda Canva anda klik kolom pencarian yang ada pada bagian paling atas
  • Lalu di kolom silahkan anda "Telusuri konten anda atau Canva", silahkan anda mengklik kolom tersebut dan memasukkan kata kunci "Logo", lalu anda "Enter" atau "Cari".
  • Kemudian silahkan anda menunggu sampai muncul halaman baru, jika sudah silahkan anda pilih salah satu template yang diinginkan.
  • Anda bisa memilih sesuai dengan tema logo yang akan dibuat, smisalnya tema minuman makanan, hari raya, hari perayaan dan lain sebagainya.
  • Tetapi, apabila anda ingin membuat desain logo dari awal tanpa menggunakan template, maka silahkan anda pilih dan klik menu "Kosong".
  • Setelah itu anda bisa memanfaatkan dan mengeksplor berbagai fitur yang ada seperti sunting, format tulisan, font, size, efek, warna, jarak antar gambar maupun tulisan, animasi, transparasi gambar dan tulisan, link , posisi seperti bertumpukan, dan lainnya.
  • Jika pembuatan dan pengeditan sudah selesai dilakukan, silahkan anda menyimpan logo tersebut dengan cara mengklik ikon "Panah kebawah" yang ada di bagian atas halaman.
  • Selesai.

Canva ini sebenarnya memiliki dua versi yaitu versi berbayar dan versi gratis, namun dengan menggunakan versi gratis juga akan bisa menikmati berbagai fitur tanpa harus membeli versi premiumnya.

Sebenarnya banyak sekali platform yang bisa digunakan untuk membuat desain grafis, tetapi menurut kami Canva ini memiliki keunggulan lebih banyak, bahkan untuk penggunaanya juga sangat mudah.

Karena dengan mengunakan Canva, tidak harus memiliki kemampuan dasar desain untuk menggunakannya.

Cara Membuat Akun Canva

Seperti yang sudah kami jelaskan dalam langkah-langkah untuk cara buat logo di Canva, anda harus login dulu ke akun Canva.

Dan bagi yang belum bisa membuat akun Canva, silahkan ikuti langkah-langkah di bawah ini yaitu sebagai berikut:
  • Pertama-tama silahkan mengunjungi situs Canva di laman ini https://www.canva.com.
  • Lalu silahkan anda sign up sesuai keinginan anda yaitu dengan Email, Facebook, atau Google.
  • Jika anda menggunakan Email, silahkan memasukkan nama lengkap, Email, dan password.
  • Apabila sign up dengan Facebook atau Google, silahkan anda melakukan authorize access.
  • Jika data sudah terisi, silahkan anda mengklik "Sign up", maka anda sudah memiliki akun Canva.
  • Selesai.

Hal yang Harus Diperhatikan Saat Membuat Logo di Canva

Sampai disini anda sudah mengetahui cara buat logo di Canva, namun ada hal penting yang harus anda ketahui atau perhatikan jika ingin membuat lolo, diantaranya yaitu sebagai berikut:
  • Silahkan anda membuat logo yang tidak menyerupai karya logo orang lain.
  • Silahkan memilih konsep logo yang sesuai dengan identitas usaha atau bisnis anda.
  • Silahkan menggunakan warna yang nyaman didilihat.
  • Silahkan menggunakan desain yang mudah untuk diingat orang lain.
  • Bila perlu anda harus mengikuti tren desain logo kekinian.
  • Silahkan anda meminta pendapat orang lain sebelum memantabkan desain logo anda tersebut.

Fitur Unggulan Canva

Berbicara seputar Canva atau cara buat logo di Canva, perlu juga anda mengetahui kenapa banyak orang yang memilih Canva untuk membuat logo atau melakukan desain menggunakan Canva ini.

Hal tersebut dikarenakan Canva ini memiliki fitur-fitur yang mudah sekali untuk digunakan jika dibandingkan dengan platform desain lainnya.

Anda pun bisa simak di bawah ini beberapa fitur unggulan yang dimiliki Canva, diantaranya yaitu sebagai berikut:

a. Ikon dan Ilustrasi

Fitur pertama yaitu Canva ini menyediakan ikon dan ilustrasi menarik yang dapat memperindah desain anda, sehingga anda tidak perlu lagi mencari berbagai ikon dan ilustrasi di situs lainnya.

Bila perlu anda menggunakan Canva Pro jika ingin mendapatkan akses berbagai ikon dan ilustrasi menarik lainnya.

Dengan Ikon dan ilustrasinya ini cukup tematik sehingga anda bisa menyesuaikan dengan tema desain anda.

b. Background Bervariasi

Fitur unggulan dari Canva ini juga yaitu memiliki background yang bervariasi, seperti yang kita ketahui bahwa untuk beberapa desain memang membutuhkan background yang tidak mainstream.

Maka dengan menggunakan Canva anda menggunakan berbagai macam background untuk desain anda, bahkan anda juga bisa mengedit background yang sudah anda pilih.

Anda cukup menyesuaikan dengan keperluan desain anda, jadi hasil desain anda akan terlihat lebih menarik.

Bahkan untuk membuat logo di Canva ini dapat dilakukan dengan mudah, jika anda belum bisa, silahkan anda simak kembali pembahasan sebelumnya di atas terkait cara buat logo di Canva melalui website maupun aplikasi.

c. Kapasitas Penyimpanan 5 GB

Perlu anda ketahui juga bahwa Canva ini memiliki kapasitas penyimpanan sampai 5 GB, sehingga untuk hasil desain andayang lama tidak akan hilang, anda bisa memodifikasinya di kemudian hari.

Apabila kapasitas itu kurang untuk keperluan desain anda, maka anda bisa menggunakan Canva Pro yang menyediakan kapasitas penyimpanan sampai100 GB.

d. Teks yang Beragam

Canva juga memiliki fitur teks yang berbagai macam, anda tinggal mengklik di bagian font maka akan terinput dalam hasil desain atau logo yang anda buat.

Dan jika ingin mengubah ukurannya, anda tinggal membesarkan atau memperkecil, sehingga dapat dikatakan juga bahwa proses cara buat logo di Canva ini tidaklah sulit, caranya sangat mudah.

e. Ratusan Ribu Template

Fitur terakhir yang dapat kami informasikan pada Canva yaitu menyediakan sangat banyak template desain untuk setiap dokumen.

Dengan demikian anda tidak akan kehabisan jenis ide template untuk mendesain dengan stok yang ada di Canva.

Agar desain anda tidak mainstream, maka anda bisa menggunakan template yang jarang digunakan, anda pun bisa menyesuaikan nuansa template sesuai dengan kebutuhan dari desain anda.

Akhir Kata

Demikian yang dapat kami jelaskan di artikel ini mengenai cara buat logo di Canva, baik melalui website maupun aplikasi.

Semoga apa yang kami bahas dalam artikel ini berguna untuk pembaca dan dapat menambah wawasan pembaca seputar Canva.

Sekian dan terimakasih sudah berkunjung di artikel kami, semoga penjelasan kami di artikel ini dapat dipahami dengan mudah.
Dody S. Mulai bergelut di bidang website dan teknologi sejak tahun 2017. Suka mencoba berbagai produk dan tutorial teknologi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel