EFIN Pajak Pribadi

EFIN Pajak Pribadi
EFIN Pajak Pribadi - EFIN pajak pribadi wajib dibutuhkan oleh pajak orang pribadi untuk menyampaikan surat pemberitahuan (SPT) elektronik dilakukan secara online melalui internet.

Supaya dapat menyampaikan SPT Tahunan pribadi secara online tidak perlu pergi ke kantor pajak atau e-filling, harus wajib pajak pribadi mengajukan permohonan aktivitas EFIN terlebih dahulu ke KPP terdekat.


EFIN Pajak Pribadi


Apa Itu EFIN Pajak

EFIN adalah Electronic filling identification Number yang artinya nomor identitas, diterbitkan oleh Direktorat Jendral diberikan kepada wajib pajak untuk melakukan transaksi elektronik.

EFIN berguna untuk salah satu alat autentikasi supaya setiap surat memberitahukan pajak(SPT) yang anda kirimkan dapat dienkripsi agar terjamin kerahasiaannya


Cara Mendapatkan EFIN Pajak Pribadi

EFIN Pajak Pribadi
Cara Mendapatkan EFIN Pajak Pribadi
Utuk mengaktifasi EFIN, ditunjukan pengurus yang mewakili badan/perusahaan atau pimpinan kantor cabang harus melakukan hal-hal dibawah ini:


1. Unduh Formulir Aktivasi EFIN

Unduh formulir permohonan aktivitas EFIN melalui link dibawah ini,jangan lupa lengkapi datanya dan tanda tangani.

Download formulir aktivasi EFIN dari link berikut Klik disini.


2. Ajukan Formuir & Dokumen yang Dibutuhkan ke KPP Terdekat

Selanjutnya wajib pajak melengkapi formulir aktivasi EFIN tersebut (kosongkan di bagian kolom nomor EFIN) dan anda langsung datang ke KPP terdekat dengan membawa dokumen-dokumen dibawah ini:
  • Formulir aktivasi EFIN yang sudah anada lengkapi
  • Alamat email yang aktif
  • Fotocopi dan asli identitas diri anda seperti (ktp umtuk WNI/KITAP untuk WNA)
  • Fotocopi dan asli NPWP

Setelah anda mendapatkan EFIN dari kantor pajak, kerahasiaannya untuk mengindari penggunakan EFIN yang tidak sah, harus anda jaga.


3. Aktivasi EFIN Anda

Setelah anda mendapatkan EFIN dari petugas KPP, Harus anda mengaktivasinya melalui link berikut ini https//djponline.pajak.go.id/resendlink.

selanjutnya Anda mendapatkan email konfirmasi yang isisnya passsword sementara.

klik tautan tersebut dan ganti pakai pasword anda.


Pengajuan EFIN Kolektif

Untuk seluruh karyawati-karyawati perusahaan yang ingin mengajukan permohonan pengaktifan EFIN kolektif, persyaratannya ada dibawah ini:
  1. Karyawan yang ingin mengajukan EFIN harus lebih dari 20 orang
  2. Nama karyawan harus tercantum dalam SPT PPh pasal 21.
  3. Yang menyediakan tempat dan peralatan untuk dibutuhkan mengaktivasi pajak ialah Perusahaan yang mengajukan permohonan.
  4. Karyawan yang sudah mengajukan permohonan aktivasi EFIN diwajibkan hadir saan pengaktifan EFIN.


Akhir Kata

EFIN pajak pribadi wajib dibutuhkan oleh pajak orang pribadi untuk menyampaikan surat pemberitahuan (SPT) elektronik dilakukan secara online melalui internet.

EFIN berguna untuk salah satu alat autentikasi supaya setiap surat memberitahukan pajak(SPT) yang anda kirimkan dapat dienkripsi agar terjamin kerahasiaannya.

Pengertian Online Pajak ialah Aplikasi yang sudah resmi disahkan DPJ untuk menyediakan e-SPT dengan Surat Keputusan Nomor 193/PJ/2015.

Ikuti terus info seputar efin login, daftar efin online, cara mendapatkan efin tanpa ke kantor pajak, formulir efin, aktivasi efin online, lupa efin, contoh efin pajak dan spt tahunan di situs ini.

Itulah seluruh isi artikel kita kali ini mengenai EFIN Pajak Pribadi 2021. Sekian dan selamat mencoba.
Dody Sulpiandy Penulis adalah pegawai Direktorat Jenderal Pajak. Mulai bekerja sejak tahun 2013 dan saat ini bertugas di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Raba Bima.

Belum ada Komentar untuk "EFIN Pajak Pribadi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel