Cara Cek Apakah Efaktur Diblokir Firewall

Cara Cek Apakah Efaktur Diblokir Firewall
Cara Cek Apakah Efaktur Diblokir Firewall - Hai sobat TutorialPajak, pada kesempatan kali ini, kita akan membahas salah satu masalah dalam proses penggunaan aplikasi efaktur yaitu efaktur error tidak dapat menghubungi server.

Akibat adanya error ini menyebabkan efaktur tidak bisa upload karena masalah jaringan internet. Masalah efaktur error tidak dapat menghubungi server ini juga telah kita bahas dalam artikel terkait sebelumnya di bawah ini.

Baca juga : Cara Mengatasi Efaktur Error ETAX-40001 : Tidak Dapat Menghubungi e-Taxinvoice Server

Yang membuat kita kebingungan adalah kondisi dimana sebenarnya jaringan internet ketika dicek ternyata lancar dimana untuk melakukan browsing di internet tidak ada kendala.


Apakah Efaktur Diblokir Firewall?

Apakah efaktur diblokir oleh firewall? pertanyaan ini bisa menjadi sebuah jawaban atas masalah gagal koneksi jaringan internet ini terutama pada saat menyalakan uploader efaktur maupun pada saat menunggu approval efaktur.

Jika hal ini sedang anda alami saat ini, maka akses internet aplikasi efaktur ini kemungkinan besar telah diblock oleh sistem Firewall yang dijalankan oleh antivirus pada laptop atau komputer yang anda miliki.

Baca juga : Cara Cek Server Efaktur apakah Sedang Gangguan atau Tidak

Akibat sistem firewall antivirus ini, koneksi internet tidak dapat masuk ke aplikasi e-faktur sehingga menyebabkan efaktur error ETAX 40001 "tidak dapat menghubungi e-Taxinvoice server".

Biasanya ada 2 jenis antivirus yang sering kita gunakan atau malah merupakan aplikasi antivirus default di laptop atau komputer kita yaitu aplikasi antivirus Avast dan aplikasi antivirus AVG.

Mungkin saja yang anda alami adalah sebelum-sebelumnya tidak ada masalah dalam pengoperasian aplikasi efaktur walaupun ada antivirus ini, namun kemudian tiba-tiba saja efaktur tidak bisa upload yang mungkin saja disebabkan oleh update aplikasi antivirus ini.

Lalu bagaimana cara kita mengecek apakah efaktur diblokir oleh firewall antivirus? cara satu-satunya yaitu dengan menonaktifkan sementara layanan antivirus ini di laptop atau PC kita.

Baca juga : Cara Update dan Download Aplikasi Efaktur Versi 2.2

Berikut akan kami berikan langkah atau cara untuk menonaktifkan firewall antivirus khususnya bagi anda yang pada laptop atau PC yang anda miliki sudah terinstal antivirus jenis Avast dan AVG Internet Security.

Bila anda menggunakan jenis aplikasi antivirus yang lain, silahkan anda browsing cara menonaktifkan firewall sesuai jenis antivirus yang anda gunakan tersebut.

Cara Menonaktifkan Firewall pada Aplikasi Antivirus Avast Internet Security

Cara Cek Apakah Efaktur Diblokir Firewall

Cara mematikan sementara firewall pada aplikasi Avast Internet Security tidak terlalu sulit. Caranya adalah sebagai berikut.
  • Silahkan anda buka aplikasi Avast Internet Security
  • Buka menu Pengaturan/setting
  • Pilih menu Proteksi aktif. Lalu pilih firewall agar mati/off.
  • Lalu terakhir klik OK.

Baca jugaSolusi eFaktur Error ETAX-API-00001 "Service Sedang Sibuk"

Jika anda telah melakukan sesuai dengan panduan di atas, status Avast anda harus berubah warna kuning dengan pesan peringatan "Firewall is turned off. Turn on".

Untuk mengaktifkannya kembali, cukup klik pada 'Turn On' link atau melakukan langkah yang sama seperti yang anda lakukan saat mematikan.

Cara Menonaktifkan Firewall pada Aplikasi Antivirus AVG internet security

Cara Cek Apakah Efaktur Diblokir Firewall


AVG Internet Security adalah salah satu jenis aplikasi antivirus yang handal dimana juga memiliki fitur firewall yang baik namun bisa saja juga memblokir aplikasi efaktur sehingga efaktur tidak dapat terkoneksi ke internet.

Cara menonaktifkan firewall pada aplikasi AVG cukup mudah yaitu sebagai berikut.
  • Silahkan anda buka aplikasi AVG Internet Security
  • Kemudian pilih tab "Firewall" lalu pilih menu "Change" yang ada di sebelah Firewall Mode
  • Lalu Klik tombol yang ada di samping "Aktifkan perlindungan firewall off (tidak disarankan)."
  • Silahkan anda klik "OK" agar firewall AVG menjadi nonaktif.
  • Apabila setelah anda menggunakan aplikasi efaktur kemudian anda mengaktifkan firewall pada aplikasi AVG Internet Security kembali, caranya yaitu masuk ke setting firewall lalu pilih opsi "Mode Otomatis (Disarankan)"

Baca jugaSolusi ETAX-60011 Gagal Menyimpan SSP, dan ETAXSERVICE-50001 : SSP Tidak Valid

Bila anda memiliki pertanyaan terkait cara cek apakah efaktur diblokir firewall ini, silahkan tuliskan pada kolom komentar yang ada di bawah. Sekian dan semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Cara Cek Apakah Efaktur Diblokir Firewall"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel