Solusi Efiling Proses Upload Tidak Berhasil Silahkan Ulangi Lagi

Solusi Efiling Proses Upload Tidak Berhasil Silahkan Ulangi Lagi
Hai sobat tutorial pajak, kali ini kita akan membahas mengenai bagaimana solusi efiling proses upload tidak berhasil silahkan ulangi lagi.

Bagi anda yang mengoperasikan aplikasi efaktur untuk administrasi PPN, maka pada suatu waktu anda mungkin akan berhadapan dengan jenis error efiling PPN seperti ini.

Untuk dapat mengetahui penyebab dan solusi dari error efiling "proses upload tidak berhasil silahkan ulangi lagi" ini, silahkan anda lanjutkan membaca ulasan yang akan kami berikan di bawah ini.


Info Proses Upload Tidak Berhasil, Silahkan Ulangi Lagi

Banyak sekali pengguna aplikasi efaktur maupun aplikasi SPT Tahunan Badan yang mencari mengenai info proses upload tidak berhasil silahkan ulangi lagi ini.

Yang dapat kami informasikan mengenai error efiling SPT Masa PPN ini yaitu memang sering dihadapi oleh wajib pajak pengguna efaktur maupun aplikasi eSPT Masa lainnya.

Proses upload SPT Masa PPN di DJP Online memang seringkali tidak berhasil dilakukan oleh wajib pajak.

Kami akan menjelaskan penyebab sekaligus solusi error proses upload tidak berhasil ini buat anda.

Proses Upload Tidak Berhasil Silahkan Ulangi Lagi DJP Online

Seperti telah kita ketahui bersama bahwa pelaporan SPT Masa PPN ataupun pelaporan untuk jenis pajak lainnya termasuk efiling SPT Tahunan Badan dapat dilakukan secara online di situs DJP Online.

Pada situs DJP Online, anda dapat mengupload SPT Masa dalam bentuk CSV dan juga lampiran PDF nya.

Pada proses upload CSV dan/atau file lampiran PDF inilah terkadang terjadi gagal upload SPT Masa dengan notifikasi "Proses upload tidak berhasil silahkan ulangi lagi".

E Filing Proses Upload Tidak Berhasil Silahkan Ulangi Lagi

Pelaporan SPT Masa maupun SPT Tahunan melalui DJP Online atau sering disebut dengan eFiling dapat dilakukan untuk melaporkan semua jenis SPT Masa maupun SPT Tahunan.

Dari mulai efiling SPT Masa PPN, SPT Masa PPh 21, SPT Tahunan Badan dan jenis SPT lainnya yang merupakan kewajiban dari wajib pajak dapat dilakukan secara online melalui situs DJP Online.

Proses Upload Tidak Berhasil Silahkan Ulangi Lagi PPN

Bagi wajib pajak yang akan melakukan pelaporan SPT Masa PPN melalui situs DJP Online, maka sebelumnya terlebih dahulu harus membuat file CSV melalui aplikasi efaktur dan juga melakukan scan apabila akan melampirkan file pdf (misalkan apabila kurang bayar maka harus melampirkan scan resi pembayaran kekaurangan pajak).

File CSV SPT Masa PPN dan juga file scan lampiran SPT Masa dalam bentuk PDF tersebut kemudian akan diupload dalam proses efiling SPT Masa PPN di DJP Online.

Nah dalam proses upload file CSV dan lampiran PDF inilah terkadang muncul gagal upload dengan notifikasi Proses upload tidak berhasil silahkan ulangi lagi.

Lalu bagaimanakah solusinya bila kita menemui error pada saat efiling berupa gagal upload ini? berikut kami berikan solusnya pada uraian di bawah ini.

Solusi Proses Upload Tidak Berhasil, Silahkan Ulangi Lagi

Solusi gagal upload pada saat melakukan efiling SPT Masa PPN dapat anda lakukan dengan melakukan langkah pengecekan pada 2 hal berikut:
  1. Pengecekan pada Formulir Lampiran SPT Masa PPN;
  2. Pengecekan pada File PDF Lampiran (Jika ada lampiran).
Berikut penjelasan dari masing-masing pengecekan tersebut.

1. Cek Formulir Lampiran SPT Masa PPN

Pengecekan formulir lampiran SPT Masa PPN ini dimaksudkan untuk mengakomodasi aturan program aplikasi efaktur yang mengharuskan wajib pajak untuk membuka semua file lampiran efaktur.

Jadi caranya silahkan anda buka kembali aplikasi efaktur, kemudian pilih file lalu buka SPT yang akan anda laporkan tersebut.

Kemudian pada menu SPT pilih menu Formulir Lampiran, lalu buka masing-masing jenis lampiran yang ada (lampiran A1, A2, B1, B2, B3 dan 1111 AB) seperti ditunjukkan pada gambar di bawah ini.

Solusi Efiling Proses Upload Tidak Berhasil Silahkan Ulangi Lagi

Setelah anda membuka masing-masing lampiran SPT Masa PPN di aplikasi efaktur terseebut, silahkan create kembali CSV dan PDF nya.

Sekarang coba upload kembali CSV dan file PDF yang telah anda create ulang tersebut ke situs DJP Online.

2. Cek File Lampiran PDF SPT Masa PPN

Hal lainnya yang harus di cek saat terjadi error efiling "Proses Upload Tidak Berhasil Silahkan Ulangi Lagi" adalah dengan mengecek ukuran file PDF lampiran SPT Masa PPN.

Harus anda ingat bahwa batas maksimal ukuran lampiran PDF SPT Masa untuk melakukan efiling di DJP Online adalah sebesar 2 MB saja.

Bila ternyata file lampiran PDF SPT Masa anda lebih dari 2 MB, anda dapt mengecilkan ukuran file tersebut agar di bawah 2 MB dengan menggunakan aplikasi pengecil ukuran PDF online di link berikut ini https://www.iloveimg.com/compress-image.

Setelah ukuran file lampiran PDF SPT Masa PPN sudah di bawah 2 MB, silahkan coba kembali proses upload SPT Masa PPN anda di DJP Online.

Proses Upload Tidak Berhasil Silahkan Ulangi Lagi SPT Tahunan Badan

Bagi wajib pajak yang akan melaporkan SPT Tahunan Badan secara online atau efiling melalui DJP Online terkadang juga mengalami gagal upload dengan notifikasi "Proses upload tidak berhasil silahkan ulangi lagi" ini.

Bila anda mengalami error gagl upload SPT Tahunan Badan ini, silahkan gunakan solusi efiling Proses Upload Tidak Berhasil Silahkan Ulangi Lagi yang telah kami berikan di atas karena penyebab error pada efiling SPT Tahunan Badan ini sangat mirip dengan penyebab gagal upload pada efiling SPT Masa PPN.

Kesimpulan : Solusi Error Efiling Proses upload tidak berhasil silahkan ulangi lagi Ternyata Sangat Mudah

Error efiling laporan SPT di aplikasi DJP Online dengan notifikasi "Proses upload tidak berhasil silahkan ulangi lagi" sebenarnya tidak perlu penanganan yang terlalui rumit.

Anda cukup menerapkan 2 cara mengatasi error gagal upload SPT yang telah kami berikan pada pembahasan di atas.

Anda dapat melakukan pengecekan pada lampiran SPT Masa dan juga dengan melakukan pengecekan pada ukuran file PDF Lampiran SPT.

Demikianlah pembahasan mengenai solusi efiling Proses Upload Tidak Berhasil Silahkan Ulangi Lagi ini, semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Solusi Efiling Proses Upload Tidak Berhasil Silahkan Ulangi Lagi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel