Cara Mengatasi Lupa PIN SSE Pajak Versi 3 (SSE3)

Pembahasan kita kali ini adalah mengenai cara mengatasi bila anda lupa PIN SSE Pajak versi 3 atau SSE3.

Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa SSE3 adalah layanan yang disediakan oleh Direktorat Jenderal Pajak sebagai sarana pembuatan kode billing pembayaran pajak secara online.

Sebenarnya banyak cara untuk membuat kode billing pembayaran pajak selain melalui SSE3 yaitu melalui SMS, SSE2, Kring Pajak 1500200 maupun sarana lainnya.

Masuk ke inti pembahasan kita, bagaimanakah solusi bila kita lupa PIN untuk login ke situs SSE3 Pajak ini?

Jawaban dari pertanyaann tersebut akan kami berikan pada uraian di bawah ini. Silahkan disimak ya.


Langkah Mengatasi Lupa PIN SSE Pajak Versi 3 (SSE3)

Ketika anda lupa PIN login SSE3, Anda jangan khawatir karena anda hanya perlu mengikuti langkah-langkah sebagai berikut.

1. Kunjungi situs SSE3 Pajak melalui link berikut ini https://sse3.pajak.go.id/.
2. Pada halaman awal situs SSE3, silahkan anda pilih menu "Lupa PIN?" yang ada di bagian bawah halaman SSE3 seperti ditunjukkan pada gambar di bawah ini.

Cara Mengatasi Lupa PIN SSE Pajak Versi 3 (SSE3)
Opsi Lupa PIN SSE3 Pajak

3. Selanjutnya setelah anda meng-klik opsi Lupa PIN, anda akan masuk ke halaman Lupa PIN seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini.

Cara Mengatasi Lupa PIN SSE Pajak Versi 3 (SSE3)
Halaman Lupa PIN SSE3
Silahkan anda isikan nomor NPWP, alamat email yang anda gunakan untuk registrasi SSE3, lalu input Captcha.

Setelah semua kolom terisi, silahkan anda klik tombol Kirim.

Jika anda mendapatkan notifikasi Error REG022 NPWP dan Email Tidak Sesuai seperti ditunjukkan pada gambar di bawah ini, maka artinya anda salah memasukkan alamat email yang selama ini anda gunakan untuk registrasi SSE3.

Cara Mengatasi Lupa PIN SSE Pajak Versi 3 (SSE3)
Notifikasi Email untuk lupa PIN salah

Bila anda mendapatkan notif REG022 ini, silahkan anda klik OK lalu ganti alamat email yang masukkan pada halaman Lupa PIN ini dengan alamat email yang benar (alamat email yang dulu anda gunakan saat registrasi SSE3).

Setelah anda mengetikkan alamat email yang benar, coba klik kembali tombol Kirim, bila alamat email yang anda masukkan sudah benar, maka akan muncul notifikasi sukses seperti ditunjukkan pada gambar di bawah ini.

Cara Mengatasi Lupa PIN SSE Pajak Versi 3 (SSE3)
Notifikasi Sukses Link Ubah PIN Dikirim Ke Email

4. Silahkan buka kotak masuk email anda. Akan ada email dari Ebilling dengan judul Ubah PIN seperti ditunjukkan pada gambar di bawah ini.

Cara Mengatasi Lupa PIN SSE Pajak Versi 3 (SSE3)
Email dari ebilling untuk Ubah PIN SSE3

Buka email tersebut lalu silahkan anda klik link ubah PIN SSE3 yang ada dalam email tersebut seperti ditunjukkan pada gambar di bawah ini.

Cara Mengatasi Lupa PIN SSE Pajak Versi 3 (SSE3)
Link Ubah PIN SSE3 yang Ada Dalam Email dari Ebilling

5. Setelah anda meng-klik link ubah PIN pada langkah sebelumnya, selanjutnya anda akan masuk ke halaman Ubah PIN SSE3 seperti ditunjukkan pada gambar di bawah ini.

Cara Mengatasi Lupa PIN SSE Pajak Versi 3 (SSE3)
Halaman Ubah PIN SSE3 Pajak

Pada halaman Ubah PIN SSE3 ini, silahkan anda isikan kolom-kolom yang ada sebagai berikut:
  • Kolom NPWP akan otomatis terisi.
  • Kolom alamat Email akan otomatis terisi.
  • Kolom PIN (6 digit), silahkan anda ketik 6 digit angka yang akan anda pakai sebagai nomor PIN baru anda (misalkan 123345 atau 646987).
  • Kolom Ketik ulang PIN (6 digit), silahkan anda ketik ulang PIN baru yang anda input pada langkah sebelumnya.
  • Kolom Kode Keamanan, silahkan anda ketik angka dan huruf yang muncul pada gambar. Contohnya pada gambar di atas yang muncul adalah "68cn2".

Kemudian silahkan klik tombol Ubah. Selanjutnya akan muncul notifikasi SUKSES ubah PIN seperti ditunjukkan pada gambar di bawah ini.

Cara Mengatasi Lupa PIN SSE Pajak Versi 3 (SSE3)
Notifikasi Sukses Ubah PIN SSE3

6. Selesai. Sekarang anda dapat login kembali ke situs SSE Pajak versi 3 ini dengan menggunakan PIN baru yang telah anda buat.

Jika dalam melakukan proses di atas anda menemukan notifikasi ERROR : [object Object], hal tersebut dikarenakan koneksi jaringan internet anda tidak stabil. Solusinya adalah dengan mengulangi klik tombol sampai statusnya sukses.

Kesimpulan : Solusi Lupa PIN SSE3 Pajak Sangat Mudah

Bagi anda wajib pajak yang selama ini sudah menggunakan situs SSE Pajak versi 3 (SSE3) untuk pembuatan kode billing, bila anda lupa PIN untuk login SSE3 ini jangan khawatir karena kami sudah memberikan solusi lengkapnya pada uraian di atas,

Silahkan anda ikuti langkah-langkah ubah PIN SSE3 yang telah kami berikan di atas dengan teliti.

Bila anda ingin bertanya terkait cara mengatasi lupa PIN SSE3 Pajak ini atau pertanyaan lainnya seputar perpajakan, silahkan tuliskan pada kolom komentar yang ada di bawah. Sekian dan semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Cara Mengatasi Lupa PIN SSE Pajak Versi 3 (SSE3)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel