Solusi ETAX-60011 : Gagal Menyimpan SSP, ETAXSERVICE-50001 : SSP Tidak Valid, ETAX-API-60014 : Not Found"

ETAX-60011 : Gagal Menyimpan SSP, ETAXSERVICE-50001 : SSP Tidak Valid, ETAX-API-60014 : Not Found" - Update terbaru dari aplikasi efaktur mengharuskan para pengguna aplikasi efaktur ketika menginput SSP pembayaran PPN kurang bayar harus dalam kondisi terhubung dengan jaringan internet.

Hal ini disebabkan karena aplikasi efaktur akan melakukan validasi NTPN pembayaran pajak yang tercantum dalam bukti pembayaran pajak.

Validasi NTPN ini dilakukan dengan cara membandingan input NTPN yang dilakukan oleh wajib pajak dengan nomor NTPN yang masuk ke sistem MPN G2 di pusat.

Solusi ETAX-60011 : Gagal Menyimpan SSP, ETAXSERVICE-50001 : SSP Tidak Valid, ETAX-API-60014 : Not Found"
ETAX-60011 : Gagal Menyimpan SSP, ETAXSERVICE-50001 : SSP Tidak Valid, ETAX-API-60014 : Not Found"


Penyebab ETAX-60011 : Gagal Menyimpan SSP, ETAXSERVICE-50001 : SSP Tidak Valid, ETAX-API-60014 : Not Found"

Lalu apakah yang menjadi penyebab dari kegagalan menyimpan SSP atau SSP tidak valid ini?

Ketika kita telah selesai menginput data SSP dari kode jenis pajak, kode jenis setor, tanggal SSP, nomor NTPN, sampai dengan nilai nominal SSP, kemudian kita melakukan penyimpanan lalu muncul notifikasi error ETAX-60011 : Gagal Menyimpan SSP, ETAXSERVICE-50001 : SSP Tidak Valid,  ETAX-API-60014 : Not Found".

Padahal setelah kita cek ulang kembali, semua input data SSP yang telah kita masukkan dan cocokkan dengan kertas fisik bukti pembayaran ternyata semua sudah sesuai dengan yang tercantum dalam resi bukti pembayaran.


Solusi ETAX-60011 : Gagal Menyimpan SSP, ETAXSERVICE-50001 : SSP Tidak Valid, ETAX-API-60014 : Not Found"
Input Nomor NTPN Pada Menu Input SSP Aplikasi eFaktur


Setelah kita mencoba mengulangi proses input SSP dari awal pun ternyata lagi-lagi muncul notifikasi error yang sama.

Bila anda mengalami hal ini, maka tenang saja karena ternyata penyebabnya adalah karena kesalahan input nomor NTPN.

Saya pun ketika akan mengecek pembayaran wajib pajak seringkali salah membaca nomor NTPN karena memang terdapat beberapa angka maupun huruf yang sangat mirip apalagi bila cetakan resi pembayaran pajak juga agak buram ataupun lecek.

Cara Mengatasi ETAX-60011 : Gagal Menyimpan SSP, ETAXSERVICE-50001 : SSP Tidak Valid, ETAX-API-60014 : Not Found"

Setelah kita mengetahui apa penyebab dari error efaktur ETAX-60011 : Gagal Menyimpan SSP, ETAXSERVICE-50001 : SSP Tidak Valid ini, maka kita pun dapat mengatasi masalah ini dengan cara-cara sebagai berikut:
  1. Cek kembali data SSP pembayaran pajak yang anda input sudah sesuai dengan bukti fisik resi pembayaran pajak anda. Penekanan pengecekan fokuskan pada nomor NTPN. Cek beberapa angka dan huruf yang paling sering salah dibaca yaitu antara angka 0 dengan huruf O. Selain itu juga antara angka 1 dengan huruf I. Silahkan anda lihat dengan lebih teliti nomor NTPN yang tertera pada fisik SSP.
  2. Anda juga dapat melakukan validasi nomor NTPN secara online untuk mengetahui apalah pembacaan nomor NTPN anda sudah benar atau tidak. Anda dapat melakukan validasi nomor NTPN pada situs SSE Pajak pada link berikut ini https://sse.pajak.go.id/index.aspx. Namun situs SSE versi 1 ini saat ini hanya dapat digunakan bagi wajib pajak yang dulu sudah pernah mendaftar akun karena saat ini sudah tidak dapat dilakukan registrasi baru.
  3. Bila anda bertanya-tanya apakah validasi nomor NTPN dapat juga dilakukan melalui situs SSE versi 2 (https://sse2.pajak.go.id/default) atau SSE versi 3(https://sse3.pajak.go.id/), jawabannya adalah tidak bisa. SSE2 dan SSE3 tidak memiliki fitur validasi NTPN.
  4. Solusi yang terbaru terkait pengecekan nomor NTPN yaitu dengan menghubungi Kring Pajak di nomor 1500200. Anda dapat menanyakan terkait kejelasan dari nomor NTPN yang masuk dalam sistem Direktorat Jenderal Pajak.
  5. Solusi lainnya yang dapat anda lakukan untuk validasi NTPN ini adalah dengan meminta bantuan pada AR atau petugas help desk di Kantor Pelayanan Pajak tempat anda terdaftar untuk dapat membantu melakukan pengecekan nomor NTPN melalui sistem internal pada KPP.

Demikian cara mengatasi ETAX-60011 : Gagal Menyimpan SSP, ETAXSERVICE-50001 : SSP Tidak Valid, ETAX-API-60014 : Not Found" yang dapat kami sampaikan.

Bila anda memiliki pertanyaan terkait hal ini, silahkan tuliskan pada kolom komentar yang ada di bawah. Sekian dan semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Solusi ETAX-60011 : Gagal Menyimpan SSP, ETAXSERVICE-50001 : SSP Tidak Valid, ETAX-API-60014 : Not Found""

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel