eFaktur Versi 2.2 : Cara Update dan Download Aplikasi

eFaktur Versi 2.2 : Cara Update dan Download Aplikasi
Dalam artikel ini kita akan membahas mengenai aplikasi eFaktur versi 2.2 khususnya mengenai cara update efaktur ke versi 2.2 dan juga download aplikasi efaktur versi 2.2.

Aplikasi efaktur merupakan aplikasi yang disediakan oleh Direktorat Jenderal Pajak atau DJP untuk digunakan oleh wajib pajak dalam mengadministrasikan PPN.


Aplikasi eFaktur Versi 2.2

Aplikasi efaktur 2.2 merupakan penyempurnaan dari aplikasi efaktur versi sebelumnya yaitu aplikasi efaktur versi 2.1.

Aplikasi efaktur 2. 2 dirilis pada tanggal 29 Januari 2019 dan mengharuskan pengguna efaktur untuk melakukan update aplikasi efaktur 2.1 untuk dapat menggunakan kembali layanan efaktur.

Cara Update Aplikasi eFaktur ke Versi 2.2

Bagi anda yang belum melakukan update efaktur ke versi terbaru yaitu efaktur 2.2, anda dapat mengikuti langkah update yang kami berikan berikut ini.

Langkah atau cara update efaktur ke versi 2.2 adalah sebagai berikut.

1. Lakukan Back Up Folder Database eFaktur Lama

Sebelum melakukan update aplikasi efaktur ke versi terbaru, anda harus melakukan back up atas database aplikasi efaktur versi lama anda.

Hal ini memiliki 2 fungsi yaitu yang pertama adalah untuk mengamankan database efaktur dan yang kedua adalah untuk sinkron data pada aplikasi efaktur 2.2 yang baru.

Copy file database efaktur anda yang lama di tempat yang mudah anda cari kembali.

2. Download Aplikasi eFaktur Versi 2.2

Aplikasi e-Faktur tersedia untuk sistem operasi sebagai berikut:
  • MacOS 64 bit;
  • Linux 32 bit dan 64 bit;
  • Windows 32 bit dan 64 bit.

Anda dapat mendownload aplikasi eFaktur 2.2 melalui link di bawah ini:

3. Extract File Download Aplikasi Efaktur 2.2

Setelah anda selesai mendownload file aplikasi efaktur 2.2 dimana file download ini masih dalam bentuk file RAR, maka selanjutnya silahkan anda ekstak file tersebut dengan cara klik kanan pada mouse anda kemudian pilih Extract Here.

Setelah anda mengekstrak file efaktur 2.2, maka akan muncul folder efaktur dengan isi file seperti ditunjukkan pada gambar di bawah ini.

eFaktur Versi 2.2 : Cara Update dan Download Aplikasi
Gambar 1. Folder hasil extract eFaktur 2.2


4. Copy Database Aplikasi eFaktur yang Lama ke Folder eFaktur 2.2

Langkah selanjutnya untuk update aplikasi efaktur 2.2 yaitu melakukan copy file database lama yang sudah anda back up pada langkah nomor 1 di atas, lalu paste file database efaktur lama tersebut di dalam folder aplikasi efaktur 2.2 yang baru seperti ditunjukkan pada gambar di bawah ini.

eFaktur Versi 2.2 : Cara Update dan Download Aplikasi
Gambar 2. Paste folder DB eFaktur lama dan menjalankan file ETaxinvoiceUpd.exe

Setelah itu silahkan jalankan file EtaxInvoiceUpd.exe dengan cara klik 2 kali pada file tersebut. Ini dilakukan untuk menjalankan update aplikasi efaktur 2.2 dan sinkron data dengan database efaktur lama.


5. Rename Nama File EtaxInvoiceUpd.exe

Setelah proses update efaktur 2.2 dan sinkron data dengan database efaktur lama selesai, silahkan anda klik kanan pada file ETaxInvoiceUpd.exe lalu pilih menu Rename. Tambahkan tulisan "_old" pada nama file tersebut sehingga nama filenya menjadi ETaxInvoiceUpd_old.exe seperti ditunjukkan pada gambar di bawah ini.

eFaktur Versi 2.2 : Cara Update dan Download Aplikasi
Gambar 3. Rename file EtaxInvoiceUpd.exe

6. Jalankan File EtaxInvoice.exe 

Sekarang buka aplikasi efaktur 2.2 dengan cara klik 2 kali pada file ETaxInvoice.exe atau dengan klik kanan pada file ETaxInvoice.exe tersebut lalu pilih menu Run as Administrator.


7. Setting Ulang Referensi Sertifikat Elektronik eFaktur

Untuk menghindari error pada saat penggunaan efaktur 2.2 ini, silahkan anda update referensi sertifikat elektronik pada aplikasi efaktur 2.2.

Caranya adalah setelah anda login pda aplikasi efaktur silahkan anda pilih menu Referensi lalu pilih menu Administrasi Sertifikat seperti ditunjukkan pada gambar di bawah ini.

eFaktur Versi 2.2 : Cara Update dan Download Aplikasi
Gambar 4. Setting ulang referensi sertifikat elektronik efaktur

Selanjutnya klik open untuk mengambil file sertifikat elektronik anda lalu akan muncul notifikasi untuk menginput kode Passphrase lalu klik Simpan.

Bila anda kesulitan untuk menemukan file sertifikat elektronik anda atau file sertifikat elektronik anda hilang, maka anda dapat menggunakan cara download sertifikat elektronik melalui aplikasi ENOFA seperti dijelaskan pada pembahasan di bawah ini.

Download Sertifikat Elektronik eFaktur di Aplikasi ENOFA

Bagi anda yang kehilangan file sertifikat elektronik, anda dapat mendownload file sertifikat elektronik anda melalui aplikasi ENOFA.

Caranya adalah dengan mengunjungi situs ENOFA melalui link berikut ini https://efaktur.pajak.go.id/login, lalu silahkan login. Kemudian silahkan anda pilih menu Download Sertifikat Digital lalu klik tombol Unduh, seperti ditunjukkan pada gambar di bawah ini.

eFaktur Versi 2.2 : Cara Update dan Download Aplikasi
Gambar 5. Download sertifikat elektronik di aplikasi ENOFA

Cara Update Aplikasi Efaktur Versi 2.2 Sangatlah Mudah

Setelah anda membaca uraian mengenai cara update aplikasi eFaktur versi 2.2 di atas, tentu anda akan menyadari bahwa update aplikasi efaktur versi 2.2 tidaklah sulit namun memerlukan kehati-hatian dan ketelitian saja. Jangan sampai folder database efaktur anda malah rusak dan tidak dapat digunakan lagi.

Sekian pembahasan kita mengenai cara update aplikasi efaktur versi 2.2 dan juga donwload efaktur 2.2 terbaru ini. Terima kasih telah berkunjung ke situs Tutorial Pajak.

Belum ada Komentar untuk "eFaktur Versi 2.2 : Cara Update dan Download Aplikasi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel